Peranan Madrasah dalam Memperkukuh Etika dan Moral
Bangsa
Sebagai sub system pendidikan
nasional, madrasah tidak hanya dituntut untuk dapat menyelenggarakan pendidikan
dasar dan menengah yang berciri khas keagamaan, tetapi lebih jauh madrasah
dituntut pula memainkan peran lebih sebagai basis dan benteng tangguh yang akan
menjaga dan memperkukuh etika dan moral bangsa.
2.1 Media
Sosialisasi Nilia-Nilai Ajaran Agama
Sebagai lembaga
pendidikan yang berciri khas keagaman, melalui sifat dan bentuk pendidikan yang
dimilikinya, madrasah mempunyai peluang lebih besar untuk berfungsi sebagai
media sosialisasi nilai-nilai ajaran agama kepada anak didik secara lebih
efektif karena diberikan secara dini.Sifat keagamaan yang melekat pada
kelembagaannya menjadikan madrasah mempunyai mandat yang kuat untuk melakukan
peran tersebut.
Masalahnya sekarang adalah sejauh mana kita dapat menciptakan madrasah yang
mempunyai pendidikan agama yang berkualitas.
2.2 Pemeliharaan
Tradisi Keagamaan
Salah
satu peran penting yang diemban madrasah adalah memelihara tradisi-tradisi
keagamaan. Pemeliharaan tradisi keagamaan ini dilakukan di samping secara
formal melalui pengajaran ilmu-ilmu agama, juga dilakukan secara informal
melalui pembiasaan untuk mengerjakan dan mengamalkan syariat agama sejak dini.
2.3 Membentuk Akhlak Dan Kepribadian
Tujuan pendidikan madrasah tidak semata-mata untuk memperkaya pikiran murid dengan pengetahuan-pengetahuan, tetapi untuk meninggikan moral, melatih dan mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap dan tingkah laku jujur dan bermoral, serta menyiapkan para murid untuk hidup sederhana dan bersih hati.
Tujuan pendidikan madrasah tidak semata-mata untuk memperkaya pikiran murid dengan pengetahuan-pengetahuan, tetapi untuk meninggikan moral, melatih dan mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap dan tingkah laku jujur dan bermoral, serta menyiapkan para murid untuk hidup sederhana dan bersih hati.
2.4 Benteng dan Moralitas Bangsa
Pesatnya
kemajuan pembangunan nasional selama ini telah membawa pengaruh positif bagi
kemajuan bangsa dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di Indonesia,
terutama tingkat kesejahteraan yang bersifat materi. Pendapatan perkapita
masyarakat Indonesia
telah meningkat pesat dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Namun
di sisi lain kemajuan ekonomi telah melahirkan masalah-masalah baru seperti
kesenjangan social yang semakin tinggi antara yang kaya dan miskin,
meningkatkan tindak kriminalitas seperti pembunuhan, perampokan sadis,
meningkatnya kenakalan remaja, berkembangnya pergaulan bebas dan praktek
prostitusi, merosotnya kepedulian social masyarakat. kondisi ini menyebabkan
masyarakat mulai melirik kembali kepada lembaga pendidikan Islam seperti
madrasah dan pondok pesantren untuk menyekolahkan putra-putri mereka.
2.5 Lembaga Pendidikan
Alternatif
Konsentrasi
pembangunan yang fokus di bidang material dewasa ini telah melahirkan kehidupan
yang timpang. Di satu sisi berkelebihan dalam hal materi, tetapi di sisi
lain merasa kosong secara mental spiritual. Di sinilah madrasah menjadi
pendidikan alternatif, yakni yang menyeimbangkan antara pengetahuan dan agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar